4 Manfaat Utama Konsumsi Teh Hijau Untuk Gigi dan Mulut

4 Manfaat Utama Konsumsi Teh Hijau Untuk Gigi dan Mulut. Sudah menjadi kebiasaan di pagi hari masyarakat Indonesia akan menyeduh teh hangat. Ini memang sebuah kebiasaan bagus, namun jika sedang program diet pasti lebih suka konsumsi teh hijau. Ternyata bukan hanya memiliki manfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Tetapi ada beberapa kasiat yang bagus di konsumsi orang tua menjelang usia 40 tahun.

Berdasarkan penelitian para ahli, terbukti jika teh hijau memiliki senyawa polifenol yang sudah terbukti ampuh mencegah penyakit yang tidak ada obatnya. Seperti diabetes, jantung, kanker, bukan hanya itu saja, bagi Anda yang mengalami masalah peradangan gusi dan sakit gigi, bisa dicegah dan di obati dengan teh hijau.

Polifenol dalam teh hijau merupakan jenis catechin, kandungannya lebih banyak dari jenis teh lainnya, seperti teh hitam dan teh olong. Catechin yang terdapat pada daun teh yang terbanyak adalah jenis Epigallocacethin Gallate (EGCG), dimana memiliki sifat, anti bacterial, anti virus, anti diabetik, anti inflamasi dan anti muragenik.

Baca juga: Kenali Obat Keputihan Menurut Penyebabnya

Bahkan menurut para ahli, EGCG yang terkandung dalam daun teh dapat membantu menghilangkan plak di mulut. Sehingga saat mengalami sakit gigi atau peradangan gusi sebaiknya rutin mengkonsumsi teh hijau. Bahkan bisa meredakan gusi yang meradang dan merawat gigi agar tidak terdapat plak, pada sela-sela.

4 Manfaat Lain Konsumsi Teh Hijau Setiap Harinya

4 Manfaat Utama Konsumsi Teh Hijau Untuk Gigi dan Mulut

Menjaga Kesehatan Gusi

Bukan hanya gigi yang perlu mendapatkan perhatian, gusi juga harus diperhatikan agar tumbuh dengan baik dan berwarna kemerahan. Gusi yang berwarna pucat dan terlalu merah, itu terdapat gangguan sehingga sangat senstif. Bahkan saat mensikat gigi, akan mengeluarkan darah, ini sudah menjadi indikasi gusi tidak sehat.

Ditemukannya manfaat lain dari teh hijau, dimana kandungan EGCG dapat berfungsi sebagai anti peradangan, ini akan mencegah sekaligus mengurangi rasa sakit pada gusi. Bukan itu saja, namun juga membantu meningkatkan regenerasi dan menyembuhkan gusi, tanpa perlu mengkonsumsi obat-obatan.

Mencegah Terjadinya Sakit Gigi Parah

Setelah mengalami sakit gigi, biasanya Anda tidak segera datang ke dokter gigi, melainkan memberikan obat penahan rasa sakit. Jika sudah hilang, maka tidak akan berobat ke dokter gigi. Nah, dalam kandungan teh hijau, ditemukan manfaat lain dari EGCG yang dapat mencegah gigi berlubang dan perluasannya.

Bukan hanya saja, namun juga mencegah masalah peradangan gusi yang terjadi karena gigi berlubang. Bisanya gusi akan lebih sensitif, jika terjadi masalah pada gigi. Cirinya, gusi lebih mudah berdarah saat sikat gigi.

Teh hijau juga bisa mencegah gigi permanen untuk patah atau lepas dengan sendirinya, kandungan ECGC bisa menguatkan akar melindungi dan mengembalikan gigi berulang seperti aslinya. Namun dengan konsumsi secara rutin dan tetap menerapkan pola hidup sehat.

Menekan Pertumbuhan Bakteri Jahat Pada Gusi

Mensikat gigi saja, hanya bisa mencegah pertumbuhan bakteri jahat, namun tidak bisa menghentikan secara menyeluruh. Hal tersebut membuat tingkat keasaman air liut meningkat, sehingga bakteri jahat akan berkembang lebih banyak.

Konsumsi teh hijau secara berkala setiap harinya, bisa menghindari kondisi gigi berlubang, ini akan mengurangi bahkan menekan pertumbuhan bakteri jahat yang akan membuat kondisi gigi berlubang semakin parah.

Nafas Menjadi Terasa Lebih Segar

Bukan hanya membantu gusi tumbuh dengan baik, melindungi gigi dari lubang dan bakteri jahat. Namun terjadinya penurunan asam pada air liur, akan membuat nafas menjadi lebih segar tanpa menggosok gigi, bahkan saat bangun tidur.

Ini akan mengatasi masalah bau mulut yang sering kali membuat Anda tidak percaya diri, bukan itu saja teh hijau akan mencegah perubahan warna gigi, seperti saat konsumsi cafein yang membuat warna gigi menjadi lebih gelap.

Baca juga: 5 Penyebab Masalah Pigmentasi Pada Wajah

Banyak sekali bukan manfaat teh hijau untuk kesehatan gigi dan gusi, tetapi masih ada banyak manfaat lain dari teh hijau untuk organ tubuh lainnya. Seperti membuat kerja jantung menjadi lebih ringan, tubuh menjadi lebih segar dan tidak mudah sakit. Semoga artikel kali ini yang berjudul “4 Manfaat Utama Konsumsi Teh Hijau Untuk Gigi dan Mulut” dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *