7 Manfaat buah Pepaya untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui

7 Manfaat buah Pepaya untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui. Buah yang berbahasa latin Carica Papaya ini adalah satu buah yang rendah kalori. Selain itu, terdapat berbagai macam kandungan nutrisi didalamnya salah satunya vitamin C, didalam satu buah pepaya terdapat 235 mg vitamin C dimana jumlah tersebut 2 – 3 kali lebih banyak dari rekomendasi kebutuhan harian yang disarankan.

Tidak hanya vitamin C, pepaya juga mengandung berbagai nutrisi lainnya yaitu vitamin A, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, B3, B5, serat, likopen, potasium, kalsium, folat dan magnesium. Dengan segudang nutrisi yang terkandung dalam didalamnya, pepaya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Ragam Manfaat Pepaya

7 Manfaat buah Pepaya untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui

Selain buahnya dimakan untuk memperlancar pencernaan, buah ini juga bisa diolah sebagai bahan masakan jika dimasak dalam kondisi mangkal (setengah matang) selain enak, kandungannya pun juga sangat bermanfaat, kita bisa mengolahnya menjadi tumis pepaya, dan juga sayuran urap.

Baca juga: 5 Minyak Untuk Menumbuhkan dan Melebatkan Alis

Selain untuk dikonsumsi, pepaya juga memiliki ragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit dan tubuh lo. Berikut beberapa manfaat yang dapat dihasilkan oleh pepaya:

Menyehatkan Mata

Pepaya kaya akan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata. Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan kornea mata dan menjaga kelembapan mata, agar mata terlemasi dengan baik dan tidak mudah kering.

Menyehatkan Rambut dan Kuku

Buah yang kaya akan mineral dan vitamin ini baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Anda bisa menghaluskannya dan digunakan sebagai marker rambut yang berguna untuk menjaga kelembapan dan menyuburkan rambut.

Menyembuhkan Kulit yang Terbakar

Pepaya mengandung suatu zat yang bernama likopen yang berfungsi untuk menyembuhkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Menurut penelitian, mengkonsumsi likopen yang terdapat dalam pepaya dapat memelihara kesehatan kulit untuk menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas berkat aktifitas dari zak antioksidan yang terdapat dalam pepaya.

Mencegah Penuaan Dini

Mengkonsumsi pepaya mampu membuat kulit tetap sehat dan terlihat lebih muda. Selain dikonsumsi, Anda juga dapat menggunakannya sebagai masker wajah. Enzim papain yang terkandung didalamnya dapat membantu menghaluskan dan merevitalisasi kulit. Selain itu, vitamin A dan C akan membantu mengurangi kerutan dan bintik – bintik hitam pada wajah. Tak hanya itu, vitamin C juga bermanfaat untuk membantu tubuh memproduksi kolagen yang mampu mengurangi keriput.

Baik Untuk Penyakit Demam Dengue.

Penelitian mengatakan bahwa pepaya dapat menimbulkan dampak yang baik terhadap suatu penyakit yang diakibatkan oleh virus dengue yang dapat menekan trombosit. Penelitian juga mengkaji memberikan ekstrak daun pepaya pada penderita infeksi dengue dapat meningkatkan trombosit lebih cepat dibandingkan dengan pengobatan biasa.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandunga vitamin A, C, dan E terbukti mampu membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh terhindar dari berbagai virus yang dapat mengakibatkan flu dan pilek

Kesehatan Jantung

Selain kandungan vitamin C dan likopen didalamnya, antioksidan yang terdapat dalam pepaya mampu meningkatkan lemak darah baik (HDL) dalam tubuh. Yang baik bagi kesehatan jantung.

Jika Anda tidak memiliki alergi terhadap salah satu kandungan didalamnya. Mulailah untuk mengkonsumsi pepaya dengan menambahkannya dalam menu harian Anda agar dapat merasakan berbagai manfaat yang tertera diatas. Sehingga asupan nutrisi tubuh akan menigkat dan dapat terhindar dari beberapa penyakit.

Baca juga: 4 Manfaat Utama Konsumsi Teh Hijau Untuk Gigi dan Mulut

Sekian pembahasan kali ini mengenai Manfaat buah Pepaya untuk Kesehatan, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan informasi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *