Kenali Gangguan Jantung Dengan Ciri Fisik

Kenali Gangguan Jantung Dengan Ciri Fisik. Penyakit jantung merupakan momok menyeramkan dan sudah merenggut banyak nyawa setiap harinya, bahkan gangguan jantung belum ditemukan obatnya. Hanya bisa melakukan langkah pencegahan dan penanganan saat terjadinya serangan, namun bisa menyembuhkan secara keseluruhan.

Hal inilah yang membuat banyak orang melakukan pola hidup sehat, karena penyakit jantung bukan hanya menyerang orang tua namun banyak anak muda sudah mengalami gangguan jantung. Ini memang bisa jadi karena faktor genetika atau menerapkan pola hidup tidak sehat, seperti makan junk food dan kurang istirahat.

Anda cenderung takut untuk memeriksakan diri ke dokter, kenapa tidak melihat kondisi tubuh. Pasalnya gangguan jantung bisa mulai terdeteksi pada ciri fisik yang terlihat, ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang menyebutkan, jika terjadi perubahan bentuk fisik bagi penderita gangguan jantung.

5 Ciri Fisik yang Menunjukkan Gangguan Jantung

Kenali Gangguan Jantung Dengan Ciri Fisik
ilustrasi: jantung

Jari Tabuh

Fenomena ini banyak dikenal sebagai clubbeld fingernails atau digital clubbing, dimana kuku Anda mengalami perubahan bentuk, ukuran dan ketebalan. Saat ada gangguan pada jantung, akan terjadi perubahan pada kuku. Hal ini lebih cepat terlihat pada kuku tangan, namun tidak akan merasa sakit dan bisa bergerak seperti biasa.

Perubahan yang terjadi pada kuku tangan, ini karena terjadinya kekurangan oksigen dari jantung dan tidak sampai di jari-jari. Ini memang gejala yang paling mudah dilihat, selain itu sudah dikenal sejak zaman dahulu, untuk melihat kesehatan jantung.

Munculnya Halo di Mata

Anda tentu sudah melihat peristiwa bulan halo bukan, dimana terdapat lingkaran terluar pada bulan. Ini terlihat pada bola mata karena berada di sekeliling iris. Gejala tersebut disebut dengan arcus senilis, awalnya dari atas hingga membentuk lingkaran sempurna hingga bawah, ini tidak akan disadari oleh penderita gangguan jantung, pasalnya tidak mengganggu penglihatan.

Baca juga: 5 Minuman Untuk Mengurangi Gejala Asam Lambung

Ciri ini lebih banyak terlebih pada penderita usia 40 tahun ke atas, bahkan halo akan semakin melebar pada pasien usia 60 tahun. Cincin lemak pada mata tersebut, menunjukkan jika ada masalah serius pada jantung, seperti penyakit jantung koroner.

Terjadi Pembengkakan Gusi Hingga Gigi Goyang Tanpa Sebab

Kesehatan gigi dan mulut bukan hanya ada kaitannya dengan makanan, namun bisa jadi ada kaitannya dengan pembuluh darah. Terdapat bakteri jahat yang bisa mengganggu aliran darah dari jantung ke mulut, inilah penyebab penyakit kardiovaskular. Namun kini banyak ditemukan kasus, jika terjadi radang gusi dan gigi goyah, bisa jadi penanda penyakit jantung.

Bibir Berwarna Kebiruan

Ini ciri yang sudah banyak dikenal, bahkan mulai terlihat dari bayi. Penderita jantung bawaan, sudah mengalami gangguan dengan warna kebiruan pada bibirnya. Gangguan kebiruan tersebut merupakan sianosis yang erat kaitannya dengan jantung. Dimana terjadi kegagalan sistem mengantarkan darah ang mengandung oksigen di seluruh tubuh.

Normalnya, bibir mengalami kebiruan jika kedinginan, namun ini tidak bahkan tetap akan terlihat biru dalam suhu ruangan. Jika bayi atau anak-anak terlihat demikian, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan menyeluruh. Karena penyakit jantung pada anak-anak bisa diatasi dan di obati dengan menyeluruh, sebelum terlambat.

Muncul Lipatan di Daun Telinga

Ini dikenal sebagai tanda Frank, karena ditemukan oleh dokter Sanders Frank. Dimana menurut penelitiannya, ada kaitannya lipatan pada daun telinga dengan adanya timbunan plak pada arteri. Semakin banyak lipatan, maka akan terjadi risiko ateroklerosis yang memperlihatkan terjadinya gangguan pada jantung.

Beberapa ciri fisik memang tidak bisa terlihat dengan jelas, bahkan diabaikan begitu saja. Namun ini gejala awal dari gangguan jantung, banyak masyarakat sudah mengenali gangguan dari bibir kebiruan. Ini bahkan sudah bisa terlihat pada bayi yang baru lahir, ini tanda awal nantinya akan banyak gejala lainnya jika tidak segera memeriksakan diri secara menyeluruh.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Sembelit Selama di Perjalanan

Demikian informasi yang dapat saya bagikan di artikel yang berjudul “Kenali Gangguan Jantung Dengan Ciri Fisik“. Semoga dapat bermanfaat buat Anda sekalian. Apabila artikel diatas menarik, jangan lupa bagikan ke sosial media yang Anda miliki. Tunggu update artikel lainnya yang dapat menambah wawasan baru untuk Anda di Kepala.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *