Cara Mudah Atasi Risiko Kepikunan Sejak Dini

Cara Mudah Atasi Risiko Kepikunan Sejak Dini. Memasuki usia 50 tahun, Anda tentu sudah mengalami gangguan daya ingat. Bahkan sering mengalami lupa dengan hal kecil, ini bisa jadi tanda-tanda terjadinya demensia. Ganguan kesehatan yang terjadi akibar kerusakan ingatan dan kemampuan kegiatan sehari-hari, ini termasuk dalam penyakit Alzheimer namun masih dalam kategori rendah.

Hampir 30 persen orang yang mulai berusia 50 tahun mengalami gangguan demensia, faktor genetika menjadi hal utama namun ini juga bisa menyerang di usia lebih muda. Tetapi masih ada cara untuk mencegah gangguan ingatan tersebut, bahkan ini bisa dilakukan sejak dini.

5 Gaya Hidup Bisa Menurunkan Risiko Mengalami Kepikunan Dini

Cara Mudah Mengatasi Risiko Kepikunan Sejak Dini

Selalu Gunakan Otak

Meskipun sudah masuk ke usia pensiun (50 tahun ke atas), jangan istirahatkan begitu saja pikiran Anda. Penurunan kierja otak akan memulai gangguan demensia, kenapa tidak mulai kegiatan yang menggunakan pikiran dan fokus. Seperti belajar, membaca atau permainan otak.

Hal ringan yang bisa dilakukan manula, bisa dengan permainan kartu, pelajari bahasa asing, membaca Koran terbaru bahkan bermain game. Ini kegiatan yang membutuhkan kinerja otak, sehingga fungsi kognitif akan tetap digunakan.

Kegiatan Sosial

Tidak harus mengikuti arisan atau kegiatan kelompok sesuai hobi, Anda bis bersosialisasi dengan tetangga, teman dan saudara. Seperti saling mengunjungi, mengobrol langsung atau melalui telepon dan tertawa.

Baca juga: 5 Minuman Untuk Mengurangi Gejala Asam Lambung

Kenapa ini bisa menurunkan risiko mengalami kepikunan, karena Anda tidak sendirian dan terlalu banyak melamun. Rasa kesepian akan membuat Anda enggan untuk berpikir, lebih baik cari teman seusia untuk melakukan hal bermanfaat. Misalkan kegiatan keagamaan, saling tukar pikiran dan berbagi masalah dan solusi bersama soal rumah tangga.

Mempertahankan Berat Badan Normal

Hati-hati setelah usia 50 tahun dalam konsumsi makanan, selain bisa memicu terjadinya penyakit serius. Hal ini juga berpengaruh pada daya ingat dan mulai mengarah pada demensia, bahkan bisa memicu terjadinya penyakit jantung.

Komplikasi dari dua penyakit tersebut, membuat Anda mengalami Alzheimer. Maka dari itu, mulai terapkan gaya hidup sehat, banyak konsumsi sayur dan buah serta hindari alkohol. Selain itu, sering berolahraga di luar ruangan, seperti jogging di pagi hari.

Berhenti Merokok

Ini jadi hal utama yang mengganggu kesehatan jantung, sebagian besar laki-laki memang mengalami gejala demensia menjelang usia 50 tahun. Hal ini karena rokok dan asapnya bisa memicu terjadinya stress oksidatif, ini merupakan akibat dari zat kimi berbahaya yang merusak sel tubuh, lebih banyak dikenal sebagai radikal bebas.

Selain itu, jauhi juga perokok. Menjadi perokok pasif memang lebih merugikan, pasalnya Anda lebih banyak mendapatkan dampak buruknya dari pada perokok itu sendiri. Hindari lingkungan dengan penuh asap rokok, banyak tanam tanaman hijau di sekitar rumah, sehingga bisa mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik.

Hindari Depresi

Inilah yang menyebabkan risiko terjadinya demensia tertinggi, apalagi jika Anda mengalami banyak beban berat dan menanggungnya sendiri. Lansia sebaiknya tidak tinggal sendirian, jika memang sudah tidak ada sanak saudara, sebaiknya masuk dalam kelompok lansia. Meskipun tinggal di pantai jompo, Anda akan mendapatkan banyak teman dan merasa tidak sendirian.

Banyak menelitian sudah mengembangkan, jika depresi menjadi penyebab utama terjadinya demensia. Apalagi jika mendapatkan satu masalah tanpa adanya solusi, ada baiknya Anda berpikir dengan tenang. Jangan gunakan emosi, karena tidak akan menemukan solusi apapun, selain itu stres oksidatif dalam jangka panjang, akan menyebabkan terjadinya peradangan.

Baca juga: Kenali Gangguan Jantung Dengan Ciri Fisik

Maka dari itu, mulai sekarang ikuti pola hidup sehat. Tentukan kegiatan yang bisa Anda lakukan hingga usia tua, misalkan memulai usaha atau mengembangkan sesuatu yang memang Anda yakin bisa. Anda akan hidup dengan baik dan tidak mengalami sakit berkepanjangan yang sangat menyiksa, gunakan gola hidup sehat agar bisa menikmati masa tua dengan baik. Demikian 5 Cara Mudah Atasi Risiko Kepikunan Sejak Dini yang dapat Kami bagikan, sekiranya bermanfaat bagikan ke sosial media Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *