5 Cara Mencegah Sembelit Selama di Perjalanan

5 Cara Mencegah Sembelit Selama di Perjalanan. Anda merasa sebal melakukan perjalanan jauh karena masalah sembelit, ini memang gangguan yang membuat siapa pun kurang nyaman. Sekalipun menggunakan transportasi terbaik, terjadinya sembelit memang karena salah makan dan berada di tempat baru.

Ini membuat Anda harus berkali-kali ke kamar mandi, padahal tidak semua tempat menyediakan WC yang nyaman dan cocok. Bahkan setelah makan juga masih kurang bersahabat perut, hal ini bisa diatasi dengan mudah. Apalagi jika Anda melakukan perjalanan jauh sendirian dengan mobil pribadi.

 

5 Cara Mencegah Sembelit Selama di Perjalanan

5 Cara Mencegah Sembelit Selama di Perjalanan

Segera Buang Air

Jangan pernah meneruskan kebiasaan buruk dengan menahan buang air, baik buang air kecil dan buang air besar selama di perjalanan. Ini bukan hal bagus dan mengganggu kesehatan, kenapa tidak segera kencing dan buang air besar saat merasakan hal tersebut.

Hilangkan sindrom tidak nyaman di toilet umum dengan membawa alat kebersihan sendiri, seperti tisu untuk membersihkan, pewangi kamar mandi dan sabun sendiri. Jika memang tidak bisa, lakukan hal yang membuat Anda nyaman, seperti mendengarkan musik, telepon hingga bermain game.

 

Minum Air Putih Lebih Banyak

Siapa bilang banyak minum akan membuat Anda mabuk kendaraan, ini bahkan baik untuk kondisi tubuh. Pasalnya menghindari terjadinya dehidrasi dan menghilangkan nafsu makan, karena jika kekurangan cairan maka feses akan keras dan mengakibatkan sembelit.

Baca juga: 5 Minuman Untuk Mengurangi Gejala Asam Lambung

Jika memang kurang suka minum banyak air putih, konsumsi jus buah, susu atau minuman hangat. Ini akan membuat perut dalam kondisi cukup kenyang, sehingga tetap bisa buang air kecil dan buang air besar dengan baik. Hindari minuman bersoda dan mengandung kafein, ini akan memicu rasa haus lebih cepat.

 

Pilih Posisi Paling Nyaman

Ada baiknya selama di perjalanan duduk dengan baik, memilih posisi nyaman memang bagus, namun hal ini belum tentu memberikan rasa nyaman setelah di perjalanan bukan. Duduk dengan baik dan bersandar, jika memang ingin hiburan lebih baik dengarkan musik.

Hindari membaca jika kendaraan tidak bisa berjalan stabil, memang lebih nyaman membaca buku di kereta dari pada bus. Selain itu, hindari berhadapan dengan gadget terus menerus, ini akan membuat mata lebih cepat lelah dan Anda semakin tidak nyaman di perjalanan.

 

Konsumsi Makanan Berserat

Makan sangat penting sebelum melakukan perjalanan jauh, namun jangan asal kenyang. Lebih baik pilih makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayuran, roti gandum, sereal gandum utuh dan buah-buahan. Sehingga tidak akan ada masalah sembelit, biasanya Anda tidak akan mendapatkan makanan sehat di perjalanan.

Namun hindari konsumsi makanan mentah, seperti sayuran dan buah, ini bisa menyebabkan terjadinya diare, karena perut dalam kondisi tidak nyaman. Lebih baik membawa camilan atau makanan sendiri, jangan tergiur membeli di perjalanan, karena belum tentu terjaga kebersihan dan matang dengan sempurna.

 

Hindari Junk Food

Datang ke tempat baru memang sulit mendapatkan makanan yang sesuai selera, Anda tentu akan memilih makanan cepat saji (junk food). Rasanya yang sudah pasti sesuai keinginan, namun ini tentu saja menjadi menu tidak sehat, apalagi saat berada di perjalanan jauh yang tidak membuat Anda nyaman seperti di rumah.

Tetapi jika Anda memang ingin junk food, bisa memilih yang sehat seperti yoghurt. Terdapat kandungan probiotik yang bisa memperlancar pencernaan, sehingga tidak ada masalah sembelit. Bisa juga memilih oatmeal atau sereal dari gandum, ini makanan aman yang membuat Anda tetap sehat dan fit di perjalanan.

Ini memang anjuran terbaik untuk Anda yang ingin melakukan perjalanan jauh, apalagi bagi backpacker yang bepergian dari satu kota ke kota lainnya. Selain itu, Anda tidak perlu konsumsi banyak obat dan lemas selama perjalanan. Nikmati semua kegiatan Anda dan pastikan liburan tetap menyenangkan tanpa ada drama sembelit.

Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan kali ini mengenai 5 cara mencegah sembelit selama di perjalanan. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Apabila artikel ini menarik bagikan ke sosial media yang Anda miliki, terimakasih sudah berkunjung di Kepala.net.

Sumber: Hellosehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *