5 Penyebab Masalah Pigmentasi Pada Wajah

5 Penyebab Masalah Pigmentasi Pada Wajah. Anda tentu ingin punya kulit wajah mulus dan bersih, tanpa adanya flek hitam di wajah. Apalagi adanya bintik bintik hitam, ini akan membuat rasa percaya diri menurun. Ternyata ini disebabkan oleh masalah pigmentasi atau melasma.

Ini merupakan kondisi munculnya bintik cokelat, abu-abu hingga kehitaman di wajah, ukurannya beragam, mulai dari bintik kecil hingga membesar. Biasanya muncul di area dagu, dahi, pipi hingga bibir bagian atas.

Hal ini memang banyak terjadi akibat paparan sinar matahari secara langsung, maka dari itu jangan terlalu lama di ruangan terbuka setelah pukul 10 pagi. Karena lebih banyak dampak negatif, sinar UV banyak memberikan nutrisi dan vitamin D hanya pukul 7 hingga 9 pagi.

Kenali 5 Penyebab Terjadinya Masalah Pigmentasi pada Wajah

5 Penyebab Masalah Pigmentasi Pada Wajah

Genetika

Ini masalah yang tidak bisa diatasi dengan mudah, pasalnya sudah menjadi keturunan (faktor DNA), memang ini tidak diturunkan langsung dari orang tua, bisa dari saudara atau nenek bahkan buyut. Sudah tidak bisa dihilangkan, namun bisa dihindari dan di atasi setelah terlalu paparan sinar matahari atau berupa hormon.

Kandungan Kosmetik

Hal ini banyak terjadi pada wanita, dimana penggunaan kosmetik atau makeup terlalu sering dan tidak dibersihkan secara menyeluruh akan menyebabkan munculnya masalah pigmentasi. Namun bisa juga dari kandungan kosmetik yaitu zat melanocyte, ini akan memicu produksi zat melanin berlebih. Sehingga bisa memicu timbulnya bintik-bintik hitam.

Baca juga: Kenali Gangguan Jantung Dengan Ciri Fisik

Selain itu, bisa juga dari parfum dengan kandungan bahan sintesis yang tidak cocok dengan kulit, bahkan kandungan vitamin C dosis tinggi bisa juga menyebabkan pigmentasi kulit. Maka dari itu, sebelum menggunakan produk kosmetik atau makeup, kenali kondisi kulit dan coba terlebih dahulu, jika mulai muncul bintik-bintik hitam segera hentikan penggunaan.

Kebutuhan Vitamin Tubuh Kurang

Anda harus mengkonsumsi makanan sehat, pasalnya tubuh membutuhkan nutrisi dan vitamin penting, untuk menjaga kondisi tubuh dan kulit. Faktor penyebab pigmentasi, biasanya karena kekurangan vitamin B12, dimana ini bisa membantu mengatur, memproduksi dan menempatkan pigmen dengan tepat, ini bahkan bisa mencegah terjadinya pigmentasi.

Pastikan konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, vitamin K dan vitamin E, ini semua akan menjaga kesehatan, kekencangan dan mencegah terjadinya kekurangan vitamin. Bahkan bisa mencegah terjadi keriput dan penuaan dini.

Polusi Udara

Inilah penyebab utama terjadinya masalah pigmentasi kulit, apalagi jika Anda tinggal di kota besar atau area pabrik. Maka kondisi udara tidak kondusif dan cenderung memberikan dampak negatif, hati-hati juga jika banyak menggunakan transportasi umum yang tidak tertutup, pasalnya Anda akan menghirup udara kurang sehat dari sisa pembakaran kendaraan bermotor.

Bahkan banyak orang yang mengalami alergi dan iflamasi pada kulit, bukan itu saja bisa terjadi iritasi dan merusak lapisan kulit. Inilah yang memicu timbulnya felk hitam di kulit, dimana perlu produk lain yang bisa melindungi dan merawat kulit.

Penggunaan Laser

Banyak wanita yang ingin tampil cantik menggunakan perawatan laser, ini memang memberikan hasil lebih cepat dan langsung terlihat setelah perawatan. Namun sayangnya, beberapa jenis kulit nampaknya tidak cocok dengan menggunakan perawatan laser, hal ini dikenal sebagai post inflammatory pigmentation.

Efeknya bukan hanya sementara, untuk jenis kulit sensitif bisa terjadi secara permanen. Anda harus mewaspadai beberapa perawatan wajah dengan menggunakan laser, seperti hair removal, IPL dan Flaxel. Jika memang ingin menggunakan perawatan tersebut, konsultasikan pada dokter dan lakukan pemeriksaan secara menyeluruh terlebih dahulu.

Masalah pigmentasi memang jadi hal kecil, namun bisa menyebabkan kerusakan permanen. Apalagi ini banyak terjadi pada wajah, lebih baik gunakan produk kecantikan seperti kosmetik dan makeup yang cocok untuk kulit. Jangan lihat hasilnya terlebih dahulu, jika kulit merasa nyaman maka akan ada perubahan meskipun tidak bisa secara langsung.

Baca juga: Cara Mudah Atasi Risiko Kepikunan Sejak Dini

Jadi apakah informasi mengenai 5 Penyebab Masalah Pigmentasi Pada Wajah bermanfaat untuk Anda?. Jika benar, bagikan ke sosial media yang Anda miliki dan juga tungg update informasi lainnya yang lebih menarik di Kepala.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *